Dalam kisah Ajisaka

ha na ca ra ka Dikisahkanlah tentang dua orang abdi yang setia
da ta sa wa la Keduanya terlibat perselisihan dan akhirnya berkelahi
pa da ja ya nya Mereka sama-sama kuat dan tangguh
ma ga ba tha nga Akhirnya kedua abdi itu pun tewas bersama

Aksara Jawa ha-na-ca-ra- ka mewakili spiritualitas orang Jawa yang terdalam: yaitu kerinduannya akan harmoni dan ketakutannya akan segala sesuatu yang dapat memecah-belah harmoni. Konon aksara Jawa ini diciptakan oleh Ajisaka untuk mengenang kedua abdinya yang setia.Dikisahkan Ajisaka hendak pergi mengembara, dan ia berpesan pada seorang abdinya yang setia agar menjaga keris pusakanya dan mewanti-wanti: janganlah memberikan keris itu pada orang lain, kecuali dirinya sendiri: Ajisaka.

Hanacaraka Dasar -  gambar dari mistikindonesia.com
Hanacaraka Dasar

Setelah sekian lama mengembara, di negeri perantauan, Ajisaka teringat akan pusaka yang ia tinggalkan di tanah kelahirannya. Maka ia pun mengutus seorang abdinya yang lain, yang juga setia, agar dia pulang dan mengambil keris pusaka itu di tanah leluhur. Kepada abdi yang setia ini dia mewanti-wanti: jangan sekali-kali kembali ke hadapannya kecuali membawa keris pusakanya. Ironisnya, kedua abdi yang sama-sama setia dan militan itu, akhirnya harus berkelahi dan tewas bersama: hanya karena tidak ada dialog di antara mereka. Bukankah sebenarnya keduanya mengemban misi yang sama: yaitu memegang teguh amanat junjungannya? Dan lebih ironis lagi, kisah tragis tentang dua abdi yang setia ini selalu berulang dari jaman ke jaman, bahkan dari generasi ke generasi.

Tag Pencarian: tulisan aksara jawa dan artinya, https://mistikindonesia com/2014/12/11/filsafat-aksara-jawa html, unen unen jowo kuno, honocoroko, arti aksara jawa dibalik, honocoroko dibalik, unen unen jawa, makna aksara jawa dibalik, unen unen jowo, unen unen jawa bijak, khasiat honocoroko dibalik, hono coroko, tulisan jawa kuno dan artinya, aksara jawa dan artinya, arti honocoroko dibalik, aksara jawa dibalik, khasiat aksara jawa dibalik, honocoroko d balik, tulisan jawa dan artinya, unen unen basa jawa, makna aksara jawa, tulisan honocoroko beserta artinya, dilsafah aksara jawa, khasiat huruf jawa dibalik, honocor, filsafat2 jawa, unen unen aksara jawa, niat sholat wudhu, arti aksara jawa dalam bahasa jawa, hono coroko di balik
Herbal Jeng Ana

TIDAK ADA KOMENTAR