Intro

Bahasa Sanskerta (ejaan tidak baku: Sansekerta) adalah salah satu bahasa Indo-Eropa paling tua yang masih dikenal dan sejarahnya termasuk yang terpanjang. Bahasa yang bisa menandingi ‘usia’ bahasa ini dari rumpun bahasa Indo-Eropa hanya bahasa Het. Kata Sanskerta, dalam bahasa Sanskerta Saṃskṛtabhāsa artinya adalah bahasa yang sempurna. Maksudnya, lawan dari bahasa Prakerta, atau bahasa rakyat.

Bahasa Sanskerta merupakan sebuah bahasa klasik India, sebuah bahasa liturgis dalam agama Hindu, Buddhisme, dan Jainisme dan salah satu dari 23 bahasa resmi India. Bahasa ini juga memiliki status yang sama di Nepal.

Posisinya dalam kebudayaan Asia Selatan dan Asia Tenggara mirip dengan posisi bahasa Latin dan Yunani di Eropa. Bahasa Sanskerta berkembang menjadi banyak bahasa-bahasa modern di anakbenua India. Bahasa ini muncul dalam bentuk pra-klasik sebagai bahasa Weda. Yang terkandung dalam kitab Rgweda merupakan fase yang tertua dan paling arkhais. Teks ini ditarikhkan berasal dari kurang lebih 1700 SM dan bahasa Sanskerta Weda adalah bahasa Indo-Arya yang paling tua ditemui dan salah satu anggota rumpun bahasa Indo-Eropa yang tertua.

Berikut ini nama – nama dalam bahasa sansekerta beserta artinya :

Tag Pencarian: arti cokro, arti kata cokro, nama nama ksatria jawa kuno, nama ksatria jawa, ksatria jawa kuno, cokro artinya, nama nama Mistik, nama mistis, nama mistis jawa, arti tdjoko, nama squad jawa dan arti, nama:kesatria jawa, cokro adalah, arti nama cokro, arti dari cokro, arti cokro buwono, nama kesatria, arti kata cokro dalam bahasa jawa, gambar ksatria jawa, falsafah sansekerta, cokro sudarmo arti dlm bahasa jawa, cokro bahasa, cokro artti bahasa jawa, apa itu arti pidekso, Buono dalam bahasa jawa, bahasa sansekerta mistis, arti cokro dipuro, arti cokro kembang, sejarah arti nama cokro, arti jawa dari kata cokro

TIDAK ADA KOMENTAR