Penyakit Rohani dan Obatnya

Penyakit Rohani – Di dalam kehidupan ini ada dua macam penyakit yang akan menggangu setiap manusia. Pertama, penyakit yang berhubungan dengan anggota badan, atau bisa juga disebut sebagai penyakit jasmani. Ada berbagai contoh penyakit jasmani ini, mulai demam biasa hingga TBC, mulai luka biasa hingga kangker yang ganas dan mematikan.

Tentu saja ada berbagai cara dan obat untuk menyembuhkan penyakit jasmani. Bahkan, dalam dunia medis masa kini, setiap penyakit pasti bisa ditangani oleh dokter spesialis tersendiri. Contohnya, sakit jantung ditangani oleh dokter spesialis jantung, atau sakit paru-paru ditangani oleh dokter spesialis paru-paru. Demikian pula untuk berbagai jenis penyakit organ tubuh lainnya. Hampir semua sudah ada dokter spesialisnya. Dan, meski umur tetap berada di tangan Allah SWT, namun berkat kecanggihan dunia medis, hampir semua jenis penyakit sudah bisa disembuhkan.

Penyakit Rohani gambar dari mistikindonesia.com
imgsrc: duniarohani.wordpress.com

Jenis penyakit berikutnya yang pasti akan menjangkiti manusia adalah penyakit yang bersumber dari rohani atau bersifat kejiwaan. Tak seperti jenis penyakit yang pertama, penyakit kedua ini obatnya hanya satu, yaitu mengamalkan dan menghayati petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh agama, baik Allah maupun RasulNya.

Sesungguhnya, penyakit yang kedua ini jauh lebih berbahaya dari penyakit yang pertama, sebab kalau penyakit rohaniah ini tidak dapat segera diobat, maka akhirnya tak ubah seperti api dalam sekam, yang lama kelamaan akan menimbulkan kebakaran sangat besar. Penyakit ini akan menghambat penderitanya dalam hubungannya dengan sesama manusia, juga dengan Tuhannya.

… Untuk memerangai penyakit-penyakit rohani itu, maka hendaknya kita selalu melakukan musahadah (berjuang melawan hawa nafsu)…

Penyakit rohani itu banyak sekali macamnya. Dalam sebuah hadist dijelaskan oleh Rasulullah SAW, yang pada intinya menegaskan bahwa penyakit rohani itu terdiri dari enam perkara, yakni :

  1. Kufur Nikmat
  2. Sombong
  3. Tamak
  4. Persaingan
  5. Kebencian, dan
  6. Dengki

Rasulullah SAW bahkan menyebutkan penyakit itu dengan sebutan penyakit umat. Ini menegaskan bahwa penyakit tersebut sifatnya umum, berlaku kepada kaum perempuan dan kaum lelaki. Tua maupun muda. Meski demikian, penyakit itu ada yang masih ringan dan ada pula yang sudah berat.

Untuk menghindari penyakit kufur nikmat, maka kita harus senantiasa bersyukur dengan jalan berbakti kepadaNya, mengerjakan suruhanNya dan menghentikan segala laranganNya. Kalau kita menjadi insan yang kufur nikmat, maka tunggulah pada suatu ketika nanti Allah akan menimpakan bencana terhadap pelakunya, yang terkadang-kadan gdalam bentuk kesengsaraan, malapetaka, selalu ditimpa penyakit dan sebagainya.

Penyakit berikutnya adalah sombong. Apabila sifat sombong ini bersarang dalam jiwa orang yang berkuasa, maka akan timbullah perbuatan yang kejam terhadap masyarakat atau rakyatnya.

Ketamakan adalah penyakit rohani yang tak kalah gawat, sebab pada umumnya sifat tamak ini berkenaan dengan kepuasan dan kemewahan hidup di dunia.

Pernyakit persaingan atau berlomba-lomba dapat dikatakan sebagai kelanjutan dari penyakit tamak. Jika persaingan itu masih dalam batas-batas yang diperbolehkan oleh agama tidaklah mengapa. Tetapi kalau sudah sampai kepada saling buruk-memburukkan, jatuh-menjatuhkan, maka akan sampailah manusia itu pada tingkat permusuhan..

Sementara itu, penyakit benci membenci adalah suatu sifat yang biasanya ada dalam pergaulan masyarakat secara umum. Penyakit ini jika dibiarkan akan meningkat kepada permusuhan.

Dengki atau hasad adalah suatu sifat ini hati terhadap nikmat yang diperoleh oleh orang lain. Bukan hanya semata-mata iri hati saja, tapi si penderita penyakit ini menginginkan supaya nikmat tersebut hilang dari tangan orang yang mendapatkannya.

Penyakit hasad ini tidak saja merusak agama orang lain, tetapi juga akan merusak diri sendiri. Oleh sebab itu , Allah SWT memerintahkan supaya orang-orang yang beriman, selalu memohon perlindungan agama dari penyakit yang berbahaya ini.

Keenam penyakit diatas, kebanyakan telah melanda insan yang hidup di zaman yang serba matrialistik dan penuh persaingan seperti sekarang ini. Untuk memerangi penyakit-penyakit rohani itu, maka hendaknya kita selalu melakukan musahadah (berjuang melawan hawa nafsu), serta hendaknya melatih diri dalam membiasakan mengerjakan amalan-amalan yang sifatnya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semoga kita menjadi hamba-hamba yang diridhoiNya. Amin ya robbal alamiin..! Penyakit Rohani

Tag Pencarian: 25 penyakit rohani, cara menyembuhkan rohani, sumur jolotundo demak buat enteng jodoh, penyakit rohani dan obatnya, penyakit rohani, mengembuhkan penyakit rohani oslam, macam penyakit rohani dan cara menghindarinya, macam macam penyakit rohani dan upaya menghindarinya, contoh sakit rohani, contoh penyakit rohani, cara mengatasi penyakit rohani, cara mencegah penyakit rohani, bentuk penyakit rohani menurut islam, 30 macam penyakit rohani, zina penyakit rohani

TIDAK ADA KOMENTAR