Sejarah Singkat Cigugur Kuningan, Jawa Barat

Sebelum lahir nama Cigugur, tempat ini acap disebut dengan nama Dusun Padora. Nama ini diambil dari nama seorang tokoh masyarakat yang berkuasa pada waktu itu, yaitu “Ki Gede Padora”. Ki Gede Padora adalah seorang wiku yang mempunyai keistimewaan dalam menghayati dan mengamalkan ilmu kehalusan budhi (Kewenangan) yang konon lahir sebelum kerajaan Cirebon berdiri, yaitu pada abad ke -12 atau ke 13. Ia memiliki ilmu yang tinggi yaitu ilmu ngahiyang sehingga badannya transparan.

Diusia tuanya, ki Gede Pandora berkeinginan untuk segera meninggalkan kehidupan fana. Namun, ia sendiri sangat berharap proses kematiannya seperti layaknya manusia biasa dengan harapan agar ada pusarnya, dan dapat dikenang oleh generasi berikutnya. Berita tersebut terdengar oleh Aria Kamuning, penguasa Kajene (Kuningan) yang kemudian menghadap Syekh Maulana Syarif Hidayatullah di Caruban (Cirebon).

Cigugur  mistikindonesia.com, gambar dari cigugur.com

ketika Syekh Maulana Syarif Hidayatullah bertemu dengan Ki Gede Pandora beliaupun merasa kagum dengan ilmu kadigjayaan yang yang dimiliki oleh Ki Gede Pandora. Dalam pertemuaan itu Ki Gede Pandora kembali mengutarakan keinginannya agar proses kematiaanya seperti layaknya manusia biasa pada umumnya. Hal tersebut ditanggapi oleh Syekh Maulana Syarif Hidayatullah dengan syarat Ki Gede Pandora harus mengucapkan dua kalimat syahadat, syaratnya pun langsung di tanggapi.

Syarif Hidayatullah bermaksud mengambil air wudhu. Namun disekitar lokasi tersebut sulit ditemukan sepercik air pun, maka Syarif Hidayatullah memohon kepada Allah SWT, pada saat itu terjadilah keajaiban, maka keluarlah air dari perut bumi yang terus memancar deras sampai akhirnya sebuah kolam tercipta. Kolam itulah yang di pakai untuk berwudhu Syarif Hidayatullah. Setelah Syekh Maulana Syarif Hidayatullah mengambil air wudhu Ki Gede Pandora pun langsung menuruti apa yang diperintahkan oleh Syekh Maulana Syarif Hidayatullah. Namun baru satu kalimat syahadat yang terucap tiba-tiba langit mendadak mendung bersamaan dengan gemuruh halilintar yang menggema, belum saatnya ki Gede Pandora mengucapkan kalimat syahadat yang kedua Ki Gede Pandora pun sirna (hilang tanpa meninggalkan bekas) berikut dengan ilmu yang dimilikinya, maka diriwayatkan Ki Gede Pandora gugur secara menghilang. Kolam yang tercipta itulah yang saat ini disebut dengan nama Balong Cigugur yang terletak di wilayah Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Panorama Cigugur
Panorama Cigugur

cigugur

Tag Pencarian: cigugur kuningan, sejarah cigugur kuningan jawa barat, https://mistikindonesia com/2015/01/04/sejarah-cigugur-kuningan html, cigugur, sejarah cigugur, asal usul desa cigugur kuningan, cerita cigugur kuningan, sejarah kuningan jawa barat, sejarah kuningan, legenda-legwnxa di kuninga, legenda kuningan jawa barat, orang yang terkenal d sukamulya cigugur kab kuningan, poto kota kuningan dan sejarahnya, sejarah arya kamuning kuningan jabar, sejarah cigug, sejarah cigugur kuningan jabar, sejarah islam cigugur, Legenda kuningan, legenda di kuningan jawa barat, kisah adal usul kota kuningan, www kerajaan kuningan, asal usul kota kuningan, asal usul nama kampung adat cigugur di kuningan, asal usul unik desa sukamulya cigugur, babad tanah kuningan, cerita kampung cigugur kuningan, cerita legenda kuningan jawa barat, cigugur kuni, kampung mistis di kuningan, keunikan desa cigugur kuningan jawa barat
Herbal Jeng Ana

TIDAK ADA KOMENTAR